TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Sabtu, 28 Januari 2017

ISTIGOTSAH JANUARI 2017

SILATURRAHMI NAHDLIYYIN DI MASJID AL AMIN KARANGJATI DARUNGAN

Sebagaimana surat PRNU Darungan Nomor : 327/PR/Tanf/L.32.23.003/I/2017 tertanggal 23 Rabi’uts Tsani 1438 H 21 Januari 2017 M, Perihal:Silaturrahmi Nahdliyyin, Dalam rangka memperkuat akidah islam ahlussunnah wal jamaah dan ukuwah jam’iyyah, dan islamiyah. Kami mohon kehadirannya dalam dzikir, sholawat, dan doa bersama, Hari, Tanggal Ahad, 1 Jumadil Ula 1438 H / 29 Januari 2017 M, jam : 08.30 WIB, di Masjid Al Amin Karangjati dusun Krajan desa Darungan. Acara dihadiri lebih kurang 75 orang yang terdiri dari Pengurus Ranting, Anak Ranting, Ta’mir Masjid, guru ngaji musholla, IPNU, pemuda dan masyarakat. Dalam Sambutan Ketua Ta’mir Masjid Al Amin, Ust. Rifa’i menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf atas kekurangan dari tuan rumah. Ta’mir Masjid Al Amin mengadakan istighotsah setiap malam jum’at wage (bagi ta’mir dan masyarakat yang akan hadir dipersilahkan).
Sementara dalam Sambutan Ketua Ranting NU Darungan, Ust. Abu Hasan Toyyib menyampaikan beberapa hal:
1)      tujuan kegiatan Istighosah sebagai antisipasi masuknya aliran/paham diluar ahlussunnah wal jamaah, “dengan kegiatan ini kita segera dan cepat mendeteksi serta dimusyawarahkan jika ada aliran/paham yang menyimpang di masyarakat”.
2)      kegiatan ini biasanya ada dialog ke-aswaja-an yang diisi oleh tim Aswaja Center Jember, (namun hari ini ada Bahtsul Masail di pondok pesantren Darul Muhlisin / KH. Muhlisin desa Sumber Kejayan Kec. Mayang.Red).
3)      selamat kepada Pengurus Ta’mir Masjid Al Amin yang 2 (dua) bulan lalu terbentuk, harapan (NU Darungan.Red), mari makmurkan masjid (masjid-masjid di Darungan. Red) dengan kegiatan-kegiatan keislaman (keummatan, pembinaan, dan pemberdayaan ummat. Red).
4)      di NU banyak ahli-ahli sesuai bidangnya, seperti misal: ahli fiqih, hadits dll (ahli bidang pertanian dan perkebunan, ahli bidang politik, dan hukum, pendidikan, manajemen, dll. Red) mari ini kita kembangkan.
5)      himbauan: pengurus NU harus sabar, dan kita semua tidak boleh menjelek-jelekkan kelompok lain (kelompok pengajian, sarwa, yasinan, dll), karena belum tentu kelompok kita lebih baik dari mereka, bisa jadi kelompok mereka lebih baik dari kita (hindari konflik antar kelompok-kelompok pengajian, yasinan).
6)      mohon dukungan (Ta’mir masjid yang baru dibentuk) jamaah istighotsah dalam melaksanakan dua agenda tahunan, yaitu : santunan anak yatim dan isro mi’roj / Harlah NU.

Sementara sambutan Pengurus MWC NU Tanggul, KH. Nawawi Halim (Wakil Ketua V MWC NU Tanggul), antara lain :
1)     mohon maaf atas ketidak hadiran bapak Ketua MWC dikarenakan hari ini sedang menjalankan ibadah umroh, semoga kita bisa sampaikan ke tanah suci mekkah.
2)     memaparkan ke-ASWAJA-an, dengan mengambil dawuhnya KH.R. Holil As’ad Syamsul Arifin waktu di Pondok KH. Majdi Baits (Ponpes Miftahul Ulum Manggisan Tanggul / Rais Syuriyah MWC NU Tanggul) salah satunya yaitu: umat islam (akidah ahlissunnah wal jamaah. Red) dalam mencintai dan melaksanakan perintah Allah SWT (Al’Qur’an), Rasulullah (Sunnah atau Hadits.red), Sahabat Rasulullah (Ijma’ dan Qiyas. red), dan Ulama (Ijma’ dan Qiyas kontempore/salaf. red). Itu disebut islam yang ahlissunnah wal jamaah, maka didalam NU tidak boleh tebang pilih dalam mencintai para sahabat Nabi (Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, Ustman Bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Red), antara sahabat satu dengan yang lain merupakan orang-orang pilihan.
3)     NU didirikan hanya untuk membentengi akidah ala ahlissunnah wal jamaah. Terang Wakil Ketua MWC NU Tanggul yang telah mengabdi di NU beberapa puluh tahun ini.
Sebelum acara ditutup dengan doa, ada acara lain-lain, tahapan acara ini diisi dengan tanya jawab ke-NU-an desa Darungan, muncul tabayyun dari Ketua Ta’mir Al Amin (Ust. Rifa’i), yang bertanya tentang maksud kata “pengelola” dalam laporan keuangan Jam’iyyah NU Darungan tahun 2013-2016. Pertanyaan tersebut sudah di jawab, dipertegas, dan diperjelas oleh Tim Kesekretariatan (Ust. Sunarso Adi Putra / Wakil Sekretaris I NU Darungan. Red), kata “pengelola” di ralat menjadi “Pengumpul” dengan definisi dan penjelasan yang telah disampaikannya. Adapun rincian keuangan bisa dilihat dan dipublikasikan di papan pengumuman NU Darungan dan akan melalui blog NU Darungan dengan alamat : rantingnudarungan.blogspot.com. sebenarnya masih banyak lagi yang sampaikan oleh Ketua NU Darungan dan Wakil Ketua MWC NU Tanggul namun itu tidak dalam kategori substansi ke-NU-an.
Sumbangan jamaah/anggota Istigotsah sebesar Rp. 157.000 (Seratus Lima Puluh Tujuh Ribu Rupiah). Acara dimulai jam : 09.00 dan berakhir sampai jam 11.25 WIB. Pertemuan yang akan datang Insya Allah di Masjid Baiturrohman Plalangan Barat dusun Jumbatan, adapun tanggal menunggu informasi/undangan lebih lanjut. Saran Kesekretariatan NU Darungan, pengurus NU dan warga darungan bisa menghubungi Ketua dalam rencana kegiatan selanjutnya. Merupakan pertemuan rutinan malam mingguan akan dilaksanakan pada sabtu malam ahad depan, 8 Jumadil Ula 1438 H / 4 Februari 2017 dikantor Sekretariat NU Darungan, mohon hadirnya utama dan menjadi kewajiban pengurus ranting NU Darungan.
Susunan Acara : penatar acara Ust. Nursalim (Pengurus Anak Ranting Masjid Al Karomah Jumbatan)
1.      Tawassul oleh Kiyai Ridlo’i
2.      Pembacaan surat Yasin : Ust. Sunarso Adi Putra
3.      Istighosah dan tahlil : Ust. Nurul Mustofa Arifin
4.      Sambutan – sambutan
a.       Ketua Ranting NU Darungan : Ust. Abu Hasan Toyyib
b.      Ketua Ta’mir Masjid Al Amin : Ust. Rifa’i
c.       Pengurus Majelis Wakil Cabang NU Tanggul : KH. Nawawi Halim
5.      Laporan Kesekretariatan : Syaifudin Zuhri
6.      Pembacaan Sholawat Nabi : Ust. Nurul Mustofa Arifin
7.      Lain-lain : Syaifudin Zuhri dan Ust. Sunarso Adi Putra
8.      Doa : KH. Basori Alwi

PENGURUS RANTING NU DARUNGAN YANG HADIR :
No
Nama
Amanah
Alamat
Berseragam dan / lain-lain
1.
H. Ach Taufiq
RAIS
Durinan Sumberbulus
Kemeja Putih / Sudah terima LPJ
2.
H. Basori Alwi
Wakil Rais
Gunungbukit Jumbatan
Batik kuning / Sudah terima LPJ
3.
H. Baidowi
Wakil Rais
Karangjati Krajan
Koko putih / Sudah terima LPJ
4.
Ust. Mulyono
Wakil Rais
Karanglo Tanggul Wetan
Seragam NU
5.
P. Muzakkir (Mistu)
Wakil Katib
Karanganyar Sumberbulus
Seragam NU
6.
Ust. Sunaryo / P. Saefuddin
A’wan
Karanganyar Sumberbulus
Seragam NU
7.
Ust. Abd Mannan
A’wan
Kidulkebun Krajan
Kemeja biru
8.
Ust. Sulaiman
A’wan
Jumbatan
Seragam NU
9.
P. Sudin
A’wan
Tulis Gondang
Seragam NU / Sudah terima LPJ
10.
Ust. Abu Hasan Toyyib
KETUA
Lorlaki Krajan
Seragam NU / Sudah terima LPJ
11.
Ust. Nurul Mustofa Arifin
WAKA III
Karanganyar Sumberbulus
Seragam NU / Sudah terima LPJ
12.
Ust. Sunarso Adi Putro
WASEK I
Pakeman Jumbatan
Seragam NU / Sudah terima LPJ
13.
Syaifudin Zuhri
WASEK II
Krajan
Seragam NU / Sudah terima LPJ
14.
Ust. Abdul Jalil
WABEN I
Karangjati Krajan
Seragam NU / Sudah terima LPJ
15.
P. Sup / M. Holil
WABEN II
Kidulkebun Krajan
Seragam NU / Sudah terima LPJ

CATATAN :

jika ada kesalahan dalam penulisan mohon masukannya. kami haturkan terima kasih atas partisipasinya.