TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Minggu, 05 Maret 2017

HAUL UMUM BERSAMA NU DARUNGAN

HAUL UMUM BERSAMA NU DARUNGAN

Demi berjalannya kegiatan NU Darungan, yang merupakan amanah program kerja Pengurus NU Darungan. Meskipun masjid yang ditempati kegiatan sedang rehab dan belum selesai 100 % (menurut Ta’mir masjid dalam sambutannya, masjid masih dalam 40%). Dimana pengurus dan anggota masih bersemangat menggelar rutinan, yang kali ini diisi dengan pembacaan surat yasin, tahlil, istighotsah, sholawat dan asrokol Nabi dalam rangka haul umum yang dilaksanakan pada hari, tanggal ahad, 6 Jumadil Tsani 1438 H / 5 Maret 2017 M, di Masjid Baiturrohman lingkungan Plalangan dusun Jumbatan desa Darungan Kec. Tanggul Kab. Jember Jawa Timur. Kegiatan bernomor surat undangan 333/PR/Tanf/L.32.23.003/II/2017, Tertanggal, 15 Jumadil Ula 1438 H / 11 Februari 2017 M ini mendapat banyak pelajaran:
1.    tidak mudah mengadakan kegiatan antar masjid, sementara kehidupan masyarakat yang kini hidup serba matrealistis, dan pragmatis.
2.    dalam suasana keadaan tak menentu, kadang hujan kadang tidak membuat segenap pengurus, utamanya Ketua merasa was-was, bagaimana jika jamaah banyak yang tidak hadir, sementara tuan rumah mengharapkan kehadiran dan menyediakan segala sesuatunya, tapi Alhamdulillah tadi pagi sampai siang / dzuhur, cuaca sangat terang dan yang hadir tidak kurang dari 60 (enam puluh) orang dan beberapa orang dari tuan rumah sendiri (istilah dalam pernikahan, senomannya).
3.    jalan yang hanya setapak tidak menyurutkan semangat anggota NU dalam mengikuti kegiatan, dalam daftar hadir ada yang dari PTP Petung Tulis, jarak 5-7 KM dari tempat acara yang lokasi jalannya bebatuan, naik turun. Jika pakai motor matic dipastikan mundur berlangkah-langkah jika menuju lokasi tempat acara tersebut.
4.    Dilokasi acara handphone (HP) dijamin tidak berfungsi, karena signal sama sekali tidak ada, jadi komunikasinya murni dengan lisan baik langsung bertemu, bertamu, atau melalui orang terdekat.
5.    Suasana di lokasi acara sangat mendukung bagi orang pekerja berat atau orang-orang sibuk dengan urusan pekerjaan yang berjibaku setiap hari. Suasananya yang sangat sejuk, suasana alam diiringi suara-suara burung yang merdu, suara aliran sungai, dll. seakan-akan kita ada di teras halaman surga. Masya Allah....!!!
6.    Kultur amaliah disini sangat kental dan cukup kuat, NU sangat diterima disini, namun jangan coba-coba oknum pengurus NU berbuat pelanggaran/penyimpangan disini, maka tidak menutup kemungkinan NU secara umum akan di pandang sebelah mata. Membangun beton-beton kepercayaan sangatlah sulit, maka dari itu janganlah sekali-kali yang punya kepentingan politis membuat suasana gaduh. Ini hanya akan mencederai ukuwah nahdliyyah, dan ukuwah islamiyah di desa Darungan.
Dalam sambutan Ketua Ranting, Ust. Abu Hasan Toyyib menyampaikan:
1.    permintaan maaf, NU tidak bisa membantu materiil dalam rehab masjid ini, seperti biasa nanti kotak yang berjalan tidak dimasukkan kas NU tetapi dimasukkan ke rehab masjid, jamaah serentak mengamini. Begitu tidak dapat membantu dalam segi materi, NU masih adalah milik kita, artinya kita wajib menjaga dan melestarikan amanah jam’iyyahnya ulama’ ini dengan penuh tanggung jawab, niata kita hanya ingin mendapatkan Ridlo-Nya dan harapan kelak mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW serta paling tidak kita diikutkan dalam rombongan para alim ulama’ yang telah kita kirimi fatihah, yasin, dan doa barusan. Dan tidak kalah penting lagi, NU sangat memperhatikan kelanjutan para generasi islam yang baik, untuk itu mari kita berusaha sekuat tenaga sambil berkirim fatihah kepada anak cucu kita semoga menjadi anak yang sholeh sholehah.
2.    dalam rangka peringatan isro’ mi’roj Nabi Muhammad Saw, NU Darungan mengadakan ziaroh wali ke Raden Kiyai As’ad Syamsul Arifin Situbondo sampai datuk Ibrahim Banyuwangi, untuk itu yang bersedia ikut bisa mendaftar mulai sekarang ke panitia/pengurus NU terdekat. Insya Allah akan berangkat pada hari Selasa, 29 Jumadil Tsani 1438 H / 28 Maret 2017 H jam : 07.00, tempat pemberangkatan dari Kantor Desa Darungan.
DAFTAR HADIR PENGURUS RANTING NU DARUNGAN
No
Nama
Amanah
Alamat
Keterangan
1
H. Agus Mutawakil Alallah
Wakil Rais
Karangjati
Tidak berseragam NU
2
P. Muzakkir (Mistu)
Wakil Katib
Karanganyar
Tidak berseragam NU
3
Ust. Lukman
A’wan
Karangsengon
Seragam NU
4
P. Muhammad / Samari
A’wan
Karangsengon
Seragam NU
5
Ust. Sunaryo / P. Saefuddin
A’wan
Karanganyar
Seragam NU
6
H. Nasrulloh
A’wan
Durinan
Seragam NU
7
Ust. Abd Mannan
A’wan
Kidulkebun
Tidak berseragam NU
8
Ust. Sulaiman
A’wan
Jumbatan
Seragam NU
9
P. Sudin
A’wan
Tules
Seragam NU
10
P. Nurhasan (Abdrurrahman)
A’wan
Sumberbulus
Tidak berseragam NU
11
Ust. Abu Hasan Toyyib
KETUA
Lorkali Krajan
Seragam NU
12
P. Firman / Sutiono
Wakil Ketua I
Jumbatan
Tidak berseragam NU
13
Ust. Nurul Mustofa Arifin
Wakil Ketua III
Karanganyar
Seragam NU
14
Suparmanto
Sekretaris
Krajan
Seragam NU
15
Syaifudin Zuhri
Wakil Sekretaris II
Krajan
Seragam NU
16
Zainul Haqiqi / Sanol
Bendahara
Karangjati
Tidak berseragam NU
17
Abdul Jalil
Wakil Bendahara I
Karangjati
Seragam NU
18
P. Sup / M. Holil
Wakil Bendahara II
Kidulkebun
Seragam NU
Demikian kurang dan lebihnya mohon maaf dan SEMOGA BERMANFAAT.