TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Senin, 05 Maret 2018

PENGURUS MUSLIMAT NU HARUS TELATEN



Menjadi pengurus NU, Muslimat dan termasuk ormas-ormas lain tidak perlu pendidikan tinggi, karena ngopeni organisasi butuh ketelatenan, kepedulian, dan sebagainya termasuk harus punya rasa keibu-ibuan seperti yang ada dihadapan saya ini. Ujar Ketua Ranting NU Darungan, Ustad Abu Hasan Toyyib dalam sambutannya pada kegiatan tri wulan muslimat NU Darungan, ahad 16 Jumadil Akhir 1439 H / 4 Maret 2018 di Halaman Madrasah Diniyah Nurul Huda Karanganyar Dusun Sumberbulus desa Darungan, MADIN besutan Kiai Hosni (Alm) yang kini dikomandani oleh Ustad Muktasim, S.Pd.I. dan Ustad M. Holili Nawawi, S.E.I. kali ini menjadi tuan rumah TRI WULAN MUSLIMAT NU DARUNGAN, hadir juga Ketua Muslimat NU Anak Cabang Tanggul, Ibu Hj. Winti Isnaini, S.Ag., M.Pd.I. berserta jajaran Pengurus NU, dan Muslimat Ancab Tanggul dan Ranting NU Darungan.
Alhamdulillah (kegiatan) triwulan ini masih berjalan, saya getar getir karena beberapa kali vakum dengan sebab-sebab yang sekarang sudah teratasi, saya sangat terima kasih kepada bu Is (Hj. Winti Isnaini/Ketua Ancab) telah hadir dan selalu mendukung kegiatan kami (ranting muslimat), juga NU Darungan yang selalu setia mendampingi kami. Kata Ketua Muslimat NU Ranting Darungan, Ibu Hj. Khoiriyah Baidowi selesai acara. kegiatan Muslimat NU diselenggarakan 3 (tiga) bulan sekali, mengingat banyaknya kegiatan seperti mulimatan pada malam harinya (ada yang malam senin, dan seterusnya), ada juga kegiatan siang harinya (bakda jum’atan), data NU Darungan, muslimat yang dibina oleh pengurus NU (Ranting Darungan) meliputi muslimatan di Gunung Bukit dusun Jumbatan, Jumbatan Tengah, Karanganyar utara, Karanganyar selatan, Kidulkebun, Krajan lingkungan kantor desa (3 kegiatan muslimatan), Lorkali dusun Krajan, Karangjati dusun Krajan, Karangsengon dusun Sumberbulus, Durinan dusun Sumberbulus. Yang dimaksud dibina oleh pengurus NU Darungan, pertama, dibentuk oleh tokoh/pengurus NU. kedua, diisi oleh tokoh/pengurus NU dengan tausiyah, pembinaan-pembinaan kemasyarakatan, dan sebagainya. Ketiga, pemimpin muslimatan adalah pengurus Ranting/Anak Ranting Muslimat NU yang dikendalikan oleh Pimpinan Muslimat NU Ranting Darungan. Keempat, ada kerjasama (meskipun sebatas billisan) antara NU dan Muslimat Darungan.
Setelah acara triwulan tersebut, bakda dhuhur dilanjutkan dengan khotmil Qur’an dirumah anggota daerah Karangjati dusun Krajan, pengkolan (tikungan.red) perbatasan desa Darungan dengan desa Tanggul Wetan, kegiatan ini juga kegiatannya Muslimat NU tingkat anak ranting Karangjati yang dikomandani oleh istri almarhum bapak H. Hasyim Mawardi. Demikian kata Ketua Anak Ranting Krajan kelompok musholla, ibu Yeni kepada NUDAR ONLINE (NU Darungan Online).


Sumber : Muslimat NU Darungan dan diolah dari berbagaia sumber