TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Selasa, 10 April 2018

MUSYAWARAH RANTING KE-X NU DARUNGAN

Sambutan Ketua MWC NU Tanggul, Drs. H. Sanuri, M.Si.
Kita saudara, kita ingin Nahdlatul Ulama dihormati, disegani,dan disayangi masyarakat, maka kita buktikan keseriusan kita sebagai pengurus, anggota NU dengan baik kepada masyarakat. Kata Ketua Ranting NU Darungan, Ust. Abu Hasan Toyyib dalam sambutan Musyawarah Ranting ke-X (MUSRAN) Nahdlatul Ulama desa Darungan hari Ahad, 8 April 2018, 21 Rajab 1438 H / 8 April 2018 M. berdasarkan daftar hadir, panitia menghitung jumlah anak ranting yang hadir ada 20 masjid, dan yang tidak hadir ada 3 masjid (2 anak ranting sudah ada pemberitahuan ijin kepada pihak panitia, 1 anak ranting tanpa pemberitahuan), panitia memastikan undangan ke 23 anak ranting telah diterima selambat-lambatnya pada H-2. Musyawarah Ranting NU Darungan juga dihadiri oleh petinggi majelis wakil cabang NU Tanggul, Habib Hadi Umar Assery (Rais), Drs. H. Sanuri, M.Si (Ketua), dan jajarannya. Dari Ranting tetangga yang hadir Ranting Selodakon, Ranting Tanggul Wetan II, Ranting Manggisan I, dan perangkat desa beserta bapak H. Totok (BABINKANTIBMAS desa Darungan), ketua Muslimat NU Darungan, pimpinan IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama), Karang Taruna desa Darungan juga hadir dan menyaksikan prosesi kepemimpinan organisasi induk badan otonom Nahdlatul Ulama ini dengan seksama.
Habib Hadi bin Umar Assery (Rais MWC NU Tanggul, tengah songkok putih), bersama Ketua MWC (jas NU) menyimak proses pemilihan Pengurus Ranting.
Dalam sidang pleno I (pengesahan tata tertib) yang dipimpin oleh Drs. Ust. Mulyono (Wakil Ketua MWC), dan Ust. Nurul Huda, S.Pd. (Sekretaris MWC) berjalan sangat lancar, dan terkendali. Hal ini dikarenakan NU desa Darungan mengutamakan musyawarah mufakat, pasal demi pasal berujung suratul fatihah. Sidang II (LPJ, dan Tanggapan) juga berjalan lancer karena selama 5 (lima) tahun kepengurusan bersifat aktif dan kegiatan berjalan dengan baik meskipun kekurangan disana sini tetap masih ada. Dalam Pleno III (Pemilihan dan Penetapan AHWA Rais serta Pemilihan dan penetapan Ketua) juga berjalan sangat guyub, satu peserta dengan peserta MUSRAN yang lain tampak canda ria dan penuh suasana kekeluargaan. Ini membuktikan jika mereka (anak ranting) mempunyai visi bersama yaitu memajukan dan menjadikan NU menjadi lebih baik lagi, khususnya di desa Darungan.
Dalam Pleno III, calon AHWA yang diajukan oleh Rais Anak Ranting sesuai kriterai dalam TATIB sebanyak 20 (dua puluh) orang yang terdiri dari seorang kiai, ustad, dan tokoh masyarakat. Setelah ditabulasi oleh panitia, pimpinan sidang menetapkan 5 (lima) besar yaitu: H. Nasrullah, Ust. Abd Rozaq, H. Ach Taufiq, Ust. Sutiono P. Firman, Ust. Hanafi, Lora Sybli. Mereka merupakan tokoh dan kader NU yang telah terlibat dalam kepengurusan Ranting NU Darungan, dalam sidang AHWA akhirnya ditetapkan Rais terpilih yaitu H. Ach Taufiq, dengan demikian beliau terpilih menjadi Rais periode kedua kalinya (2013-2018, dan 2018-2023). Untuk pemilihan ketua ada 3 (tiga) nama yang muncul yaitu H. Ach Taufiq, Ust. Abu Hasan Toyyib, dan Syaifudin. Sehubungan H. Ach Taufiq terpilih menjadi Rais, maka tinggal 2 (dua) calon dengan perolehan suara 20 (dua puluh) untuk Ust. Abu Hasan Toyyib, dan 1 (satu) untuk Syaifudin dan tidak ada yang abstain (golput), dari 20 suara dari anak ranting dan 1 suara dari Ranting semua menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian maka terpilih menjadi Ketua NU Darungan masa khidmat 2018-2023 (1439-1444 H) adalah Ust. Abu Hasan Toyyib.
Ketua Ranting NU Darungan (Songkok putih), dan Ust. Mulyono (Wakil Ketua MWC)

































 Berikut Pengurus Anak Ranting yang hadir dan yang tidak hadir :
NO
PENGURUS ANAK RANTING
KETERANGAN
1.
Masjid Al Karomah Jumbatan

2.
Masjid Darussalam Krajan

3.
Masjid Baitul Abidin Nongbukek

4.
Masjid Nurul Hikmah Sumberbulus

5.
Masjid Baitur Rohman Plalangan

6.
Masjid Baitul Muqoddim Al Asyari Karangsengon

7.
Masjid Al-Amin Karangjati

8.
Masjid Nurul Jadid Karang Anyar

9.
Masjid Baitul Muttaqin Pakeman

10.
Masjid Miftahul Hasan Karangjati

11.
Masjid Nurul Islam Ad Daud Sumberbulus

12.
Masjid Al Shiddiq Lorkali Krajan

13.
Masjid Baburrohman Kidul Sawah

14.
Masjid Riyadus Sholihin Kidul Kebun

15.
Masjid Nurul Hidayah Durinan

16.
Masjid Nurul Ikhsan Karanganyar

17.
Masjid Al Islah Penangan

18.
Masjid Barokatul Amin Kemirian

19.
Masjid Baitul Arqom PTP Gondang
Tidak hadir / ijin
20.
Masjid Baitul Rohim PTP Petung Toles

21.
Masjid Al Kautsar PTP Sumberbulus Gondang
Tidak hadir / ijin
22.
Masjid Baitul Qomariyah Jejengan
Tidak hadir / tanpa keterangan
23.
Masjid Jabal Nur Plalangan Jumbatan

Hadir : 20, tidak hadir : 3

Pengarahan BABINKANTIBMAS DESA DARUNGAN, Bapak H. Totok

Suasana Tabulasi calon AHWA RANTING NU DARUNGAN

Peserta MUSRAN X NU DARUNGAN