TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Minggu, 22 September 2019

JADILAH SEPERTI BANGUNAN, BERBEDA-BEDA NAMUN SATU TUJUAN

Doc. Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) memberi

NUDARUNGAN. Suksesnya pelaksanaan suatu acara / even dalam internal Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’ (NU) adalah kurangnya konsumsi, hal ini telah terbukti pada saat pelaksanaan acara Santunan Anak Yatim dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Pengurus NU desa Darungan Kec. Tanggul Kab. Jember pada hari Ahad, 22 Muharram 1441 H / 22 September 2019 M di halaman Kantor Sekretariat Ranting NU Darungan.

Siraman rohani oleh Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, Ketua PCNU Jember, lebih banyak menyejukkan hati seperti yang beliau sampaikan, “Warga Darungan yang baru selesai mengadakan hajatan PILKADES setiap 6 (enam) tahunan, mari jadilah seperti bangunan, meskipun beda pilihan tapi satu tujuan, yaitu membangun desa Darungan, kita lihat bangunan (rumah misalkan), ada yang jadi batu bata, semen, kapur, batu, dll. Sehingga terwujudlah suatu bangunan yang indah, jangan paksa semua orang sama, biarkanlah berjalan sesuai aslinya. Dengan perbedaan tersebut justru akan menjadi irama yang indah, kita contohkan lagi hadrah, meskipun berbeda-beda namanya namun satu tujuan, bayangkan kalau jadi jidur semua, atau terbang semua, maka akan menghasilkan bunyi yang kurang indah atau a gaung…. (dan seterusnya).” Tegas Gus Aab (panggilan akrabnya) yang juga pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jember ini dengan semangat.

Masih menurut Gus Aab, “bapak ibu saudara semuanya, kita tahu didalamnya ini (jari sambil menunjuk kebelakang. Red) calon kades dan kades terpilih (periode 2019-2025) hadir ditegah-tengah kita, jika pemimpinnya sudah akur, dan rukun masa kita tidak, kita doakan semuanya sehat dan lancar usaha dan rezekinya (aminn,,,jamaah serentak. Red).” Demikian kata Dosen Fakultas Syariah dan Pascasarjana IAIN Jember ini.

Hadir dalam acara tersebut, Camat beserta Kasi pemerintahan Tanggul yang juga Pj. Kepala Desa Darungan, Kapolsek beserta Kanit Provos, Danramil, Sekdes, BPD, dan segenap ketua RT / RW, Pengurus Ranting, Muslimat NU, Anak Ranting, Ta’mir Masjid/Musholla, pimpinan jamaah sholawat, yasinan, rutinan, tokoh pemuda, pengurus ISNU, IPNU Darungan, dan jamaah/warga Darungan.

Untuk jumlah yang hadir, menurut koordinator konsumsi panitia Santunan Anak Yatim NU Darungan, bapak Sutomo (yang akrab dipanggil P. Is), “Orang-orang banyak yang tidak mendapatkan konsumsi (makanan kotak), sisanya kue” ujar bapak yang selalu setia dalam kegiatan NU ini. Jika berdasarkan perhitungan konsumsi, maka yang hadir diperkirakan 1000-an jamaah, mengingat konsumsi (makanan kotak) yang disediakan panitia mencapai 700 kotak, dan 500-an kue, semuanya habis diberikan kepada jamaah yang hadir, baik dibawah terop maupun diluar / yang di jalan.