TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Selasa, 07 April 2020

Ajakan NU Darungan pada malam Nisfu Sya’ban 1441 H (Rabu Malam Kamis, 8 April 2020)




NUDARUNGAN. Dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Swt ditengah pandemi Covid-19, yang pertama kali terjadi di Provinsi Hubei, China. Sebagaimana dilaporkan oleh South China Morning Post, yang menyebut pasien tersebut adalah lelaki 55 tahun asal Provinsi Hubei, China. Ia diketahui mengalami perawatan di rumah sakit sejak 17 November 2019, satu bulan lebih awal dari data kasus virus Corona Covid-19 yang dimiliki pemerintah China.

Untuk di Indonesia, Dugaan infeksi ini diperkirakan terjadi pada tanggal 14 Februari 2020 (selengkapnya bisa anda baca di https://www.kompasiana.com/alexaal/5e733d5fd541df6e70412782/mungkinkah-corona-sudah-masuk-ke-indonesia-sejak-januari)

Berikut data per 7 April 2020 (di Indonesia)


di berbagai whatsApp Grup (WAG) banyak share, kiriman-kiriman, status di medsos tentang Covid-19 ini. Dimana Coronavirus sebenarnya bukan satu jenis. Virus itu adalah keluarga besar virus yang juga mencakup SARS dan penyakit pernapasan ringan hingga besar lainnya. Virus corona dapat menyebar di antara hewan dan manusia. Virus baru pertama kali terdeteksi di China, diyakini berasal dari kelelawar. Nama teknis untuk coronavirus adalah SARS-CoV-2. Penyakit pernapasan yang disebabkannya telah dinamai " penyakit coronavirus 2019," atau Covid-19. (selengkapnya bisa baca di https://www.liputan6.com/bola/read/4214575/saat-pandemi-corona-covid-19-27-istilah-populer-yang-harus-dimengerti-dari-novel-sampai-viral-load)


Berikut data per 7 April 2020 (kabupaten Jember)
Status
Orang
Keterangan
Positif
02

PDP
15
9 Orang dari Jember (2 Positif (dalam perawatan) 4 Dalam Perawatan, 3 Sehat), 6 Orang Dari Luar Jember.
ODP
605
367 Orang Sudah Sehat
ODR
5.196
Terpantau sehat lebih dari 14 hari 2.973 orang, kurang dari 14 hari 2.181 orang, belum terpantau 42 orang

sebagaimana kita ketahui Pemerintah Desa Darungan telah mengeluarkan Edaran / Pemberitahuan dengan Nomor : 36/35.09.06.2004/2020 tertanggal 23 Maret 2020 Tentang Pemberitahuan Yang ditujukan Kepada Tokoh Masyarakat, Agama Dari Seluruh Masyarakat Desa Darungan

Isi surat sebagai berikut :

Menindak lanjuti MAKLUMAT KEPALA KEPOLISIAN NEGARA RUPUBLIK INDONESIA NOMOR : Mak/2/III/2020, tentang KEPATUHAN TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN PENYEBARAN VIRUS CORONA (COVID-19)
Kaitan dengan hal tersebut kami beritahukan kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Darungan untuk mematuhi segala kebijakan yang diambil oleh Pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (COVID-19) demi kebaikan kita semua sampai batas waktu yang belum ditentukan, karena apabila ditemukan perbuatan yang melanggar kebijakan Pemerintah dimaksud sesuai Maklumat Kapolri maka akan diambil tindakan oleh pihak yang berwenang.
Demikian pemberitahuan ini untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat Desa Darungan.

KEPALA DESA
Ttd

ARAFIT


Dengan menyimak dan memperhatikan himbauan dari Kepala Desa Darungan, H Sukron Arafit dalam videonya yang di share di whatsApp Grup (WAG) Info Warga Darungan (IWD) pada hari Senin, 6 April 2010 jam 06.21 WIB dengan isi sebagai berikut:

Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Saya H. Sukron Arafit selaku Kepala Desa Darungan
Terkait pandemi virud corona menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Darungan agar tidak mudik dan tetap berada dilokasi perantauan demi memotong rantai penyebaran virus corona. Semoga semua bisa berbesar hati dan bersabar ditengah ujian ini dan semoga Allah Swt segera mengangkat virus ini sehingga kita bisa beribadah dan beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Sesuai isi surat al Insyirat (94) ayat 6 yang berbunyi Inna ma'al-'usri yusrā, yang artinya: Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

dirumah saja bersama lawan corona. Darungan Indonesia bisa
atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
dari beberapa uraian diatas, maka Pengurus NU Darungan mengajak masyarakat untuk lebih mendekatkan diri sebagaimana disampaikan oleh Pengurus NU Darungan dalam bentuk video dengan isi sebagai berikut :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kami selaku pengurus NU Darungan menghimbau atau mengajak kepada saudaraku saudaraku semua, Nahdliyyin Nahdliyyat se-desa Darungan untuk membaca surah Yasin sebanyak tiga kali (3 x) setelah sholat magrib dimalam Nisfu Sya’ban yang Insya Allah jatuh pada hari Rabu malam Kamis tanggal 15 Sya’ban 1441 H dan malamnya dilanjut (dengan) sholat Tahajut, berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT, karena barangsiapa yang berdoa di malam itu Allah akan mengabulkan doa-doa kita, karenanya jangan lewatkan malam itu untuk kita semua, untuk keluarga kita semua, dan untuk masyarakat Nahdliyyin Nahdliyyat se-desa Darungan.

Cukup himbauan dan ajakan dari kami, mohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga kita senantiasa diberi kekuatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Wallahulmuwwaffiq Ilaa Aqwamitthariq
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Disampaikan oleh : Ust. Abu Hasan Toyyib, Ketua NU desa Darungan, Kec. Tanggul Kab. Jember Prov. Jawa Timur.

Catatan :

  1. Pembacaan surat Yasin pertama, diniatkan mohon umur panjang dan barokah kepada Allah Swt
  2. Pembacaan surat Yasin kedua, diniatkan agar Rezeki luas dan barokah kepada Allah Swt
  3. Pembacaan surat Yasin ketiga, diniatkan ketetapan iman Islam kepada Allah Swt



video dapat di tonton di https://www.youtube.com/watch?v=rqbCHBONy94&t=6s
Telah disebarluaskan melalui whatsApp Grup (WAG) Info Warga Darungan (IWD) dan whatsApp pribadi yang lainnya
Dan dipublis dalam akun youtube NU Darungan