TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Senin, 24 September 2018

HAUL BUYUT MBAH AJIH PAKEMAN


Gerbang menuju pesarean.


Warga Pakeman dusun Jumbatan menggelar acara haul BUYUT MBAH AJIH sekaligus pengajian umum yang digelar pada hari Ahad, 13 Muharrom 1440 H / 23 September 2018 M. acara yang dikemas sejak hari Sabtu dengan khotmil Qur’an dan haul khusus dihadiri warga Pakeman.
Sambutan panitia oleh Ust. Abd Rozaq, menyampaikan banyak-banyak terima kasih atas dukungan semua pihak, tanpa bantuan bapak ibu dan Ridlo Allah, saya yakin acara ini tidak mungkin terlaksana. Hadir dalam acara tersebut tidak kurang dari 500-an jamaah yang memadati lokasi utama pesarean, gang-gang, sampai jalan utama desa Darungan yang berjarak lebih kurang 200 meteran ke lokasi pesarean.
Hadir dalam acara tersebut, guru ngaji, sesepuh binisepuh, segenap jajaran pengurus Ranting NU Darungan, bapak Saman Munir (BPD Darungan) yang juga anak cucu BUYUT MBAH AJIH, kepala dusun Jumbatan, dan RT/RW, hadir pula anak cucu BUYUT MBAH AJIH dari berbagai daerah luar desa Darungan.
Sambutan Ketua Panitia Haul

Muballig pertama diisi oleh Kiai Muhammad Yasir (Tanggul), beliau menyampaikan pesan gurunya, KH. Abdul Hannan (Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Fatihul Ulum Manggisan Tanggul) tentang kemanfaatan hidup didunia ditengah-tengah masyarakat dicontohkan seperti lebah sistematika hidup lebah sangat bermanfaat untuk manusia dan dapat dijadikan bahan renungan dan panduan dalam menjalankan hidup dan kehidupan sehari-hari, serta beliau mengidentikkan istilah PAKEMAN dengan Ibede teppak, iman sepak, odik nyaman (bahasa Madura) dalam bahasa Indonesia artinya: Ibadah tepat, iman mantap, hidup enak.
Muballig kedua oleh KH. Mas Asror Abd Hannan (pengasuh Pondok Pesantren Fatihul Ulum al Hannan Blokkates Kec. Jombang Jember), beliau lebih menekankan kegiatan haul ini tetap diteruskan selamanya, serta menerangkan tentang fadilah haul.
Doa penutup acara di pimpin oleh Lora Muhammad Hannani Asror putera KH. Mas Asror Abd Hannan. (SZ)
KH. Mas Asror Abdul Hannan