TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Senin, 01 Oktober 2018

NU DARUNGAN MENYANTUNI ANAK YATIM


Habib Thohir bin Muhammad Bin Sholeh bin Muchsin al Hamid
Sebagai agenda tahunan Ranting NU Darungan Kec. Tanggul Kab. Jember dalam rangka peringatan hari besar Islam yaitu tahun baru Islam atau Hijriyyah, NU Darungan mengadakan kegiatan santunan anak yatim sekaligus pengajian. acara yang digelar pada hari Ahad, Ahad Pon, 20 Muharram 1440 H / 30 September 2018 M. Terkumpul uang sumbangan dari masyarakat Rp. 56.000.000 (lima puluh enam juta) untuk 60 (enam puluh anak) dan tambahan 2 (dua) anak, jadi jumlahnya 62 (enam puluh dua) anak, paketan sebanyak 3 bungkus per anak, Turut hadir bapak Camat Tanggul, Drs. Ec. Sukardi, M.Si. BABINKANTIBMAS Desa Darungan, H. Totok, seegnap Pengurus MWC NU Tanggul (Habib Hadi, H. Sanuri, Ust Mulyono, H. Abd Azis), sementara pengurus Ranting yang hadir yaitu : H. Taufiq, H. baidowi, H. Basori Alwi, H. Agus, P. Sudin, P. Firman, P. Kir, P. imam, p. Jalil, P. Sup, H. Mansur, H.Syaffi Durinan, H. Rosyidi Bloksadeng, Ust Nurul, Ust Nursalim, P. Sunarso, Ust Sunaryo, Suparmanto, Ust Hanafi, Ust Rozaq, tidak ketinggalan segenap anggota BPD Darungan yang baru terpilih.
Camat Tanggul, Drs. Ec. Sukardi, M.Si.
Menurut Ust. Abu Hasan Toyyib, “acara ini (santunan anak yatim) telah berjalan 6 kali sejak tahun 2013, mulai masih 20 anak yatim sampai saat ini 62 anak, kami berusaha melaksanakan amanah dengan baik, setiap ada temuan dilapangan kami selalu koordinasi baik dalam pertemuan rutin dua pecan sekali setiap malam ahad, maupun non formal, kami langsung mengunjungi lokasi-lokasi yang ada permasalahan”. terang Ketua Ranting NU Darungan periode kedua ini (2018-2023). “Bentuk permasalahannya seperti status anak yang meragukan, bapaknya meninggal dunia atau pergi kerja keluar negeri, kami cek kebenarannya dengan interview pihak keluarga, sanak saudara dan tetangga, juga koordinasi dengan RT/RW sampai PEMDES (Pemerintah Desa. Red), kami pastikan anak tersebut memenuhi syarat”. Imbuhnya.

dari kiri: Habib Hadi (Rais MWC), H. Taufiq (Rais Ranting), Ust. Abu Hasan (Ketua Ranting)
Pada masa tahun politik ini, NU Darungan berkomitmen dan diputuskan dalam musyawarah untuk tetap menjaga khittah NU dan marwah NU, baik PILPRES, PEMILU, sampai PILKADES. NU Darungan tetap akan jadi wasit, sebagaimana telah diputuskan sejak awal dalam musyawarah Pengurus Ranting NU Darungan, 28 Dzulhijjah 1434 / 2 Nopember 2013, yang nota sikap NU Darungan telah ditandatangani oleh seluruh Pengurus Ranting NU Darungan. Dalam nota tersebut apabila anggota pengurus melanggar akan dikenakan sanksi sesuai AD/ART NU, dan diserahkan kepada pihak yang berwenang (PANWAS dan bisa jadi ke pihak kepolisian).