TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Minggu, 09 Desember 2018

NU PEDULI SIMAS DAN WAKAF MASJID/MUSHOLLA

Dok. NU (suasana asrokol badru)
nudesadarungan.blogspot.com. Dalam memberi pencerahan, dan pemahaman betapa pentingnya SIMAS dan akta wakaf masjid / musholla kepada pengurus ta’mir masjid didesa Darungan Kec. Tanggul Kab. Jember, Ranting NU Darungan mendatangkan pihak KUA (Kantor Urusan Agama) Kec. Tanggul untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat khususnya Ta’mir masjid didesa Darungan tentang wakaf masjid. Acara yang digelar pada hari Ahad Pon, 1 Rabiul Akhir 1440 H / 9 Desember 2018 M di Masjid Miftahul Hasan Karangjati dusun Krajan ini mendapat antusias dari ta’mir masjid yang hadir.

Acara yang dikemas dengan forum silaturrahmi ta’mir masjid yang diawali dengan pembacaan surat yasin, tahlil, istighotsah, dan sholawat nabi yang digelar setiap bulan ini, sengaja dikemas dengan tema dan penyaji/nara sumber yang berbeda sesuai bidangnya, jika dibidang KANTIBMAS (keamanan dan ketertiban masyarakat), NU menghadirkan pihak kepolisian sektor Tanggul, pemerintahan menghadirkan camat / sekcam Tanggul atau kepala desa Darungan, BPD, pernah juga tentang fiqih yang dihadirkan tim Bahtsul Masail Jember.

Agenda rutin dari masjid ke masjid ini mendapat tanggapan positif dari jamaah yang hadir, salah satunya Abdul Jalil, “sangat bagus, dapat ilmu (wakaf masjid. Red) langsung dari KUA (sesuai ahlinya).” Ujar warga Karangjati dusun Krajan ini. Masih menurut Abdul Jalil, “kami sangat membutuhkan penjelasan tentang wakaf masjid ini, kami jadi paham betapa pentingnya akta wakaf masjid untuk perkembangan masjid itu sendiri. Saya mengucapkan terima banyak kepada KUA, utamanya NU (Ranting Darungan. Red) yang punya ide, inisiatif mengadakan acara ini.” imbuh salah satu pengurus ta’mir masjid Miftahul Hasan ini.

Menurut Ustad Abu Hasan Toyyib, “kami berharap penjelasan dari KUA nanti menjadi perhatian dan ilmu buat warga Darungan khususnya ta’mir masjid dan musholla, betapa pentingnya masjid dan musholla ada (akta) wakafnya.” Harap Ketua Ranting NU Darungan. Sebelum acara dimulai, nudesadarungan.blogspot.com. konfirmasi dengan Ustad Abu Hasan Toyyib, “catatan kami (NU Darungan), masjid di desa ini (Darungan) ada 23 masjid, yang sudah punya akta wakaf masih 5 masjid, jadi masih kurang 18 masjid lagi. Kita berupaya membantu ta’mir masjid dalam mengelola masjid dengan baik, benar dan sesuai perkembangan jaman juga sesuai syariat dan hukum positif peraturan perundang-undangan negara Indonesia.” Ujar yang juga Ketua Karang Taruna Desa Darungan ini.

Masih menurut Ustad Abu Hasan Toyyib, “Mohon maaf, sesuai keputusan musyawarah pengurus NU Darungan, kegiatan ini tidak ada mamimat (makan minum berat), cukup air dan kue seperti ini (seraya memandang minuman dan kue yang ada didepannya). Agenda tahunan dibulan Rajab ini, NU Darungan akan mengadakan pengajian dalam rangka Peringatan Isra’ Mi’roj Nabi Besar Muhammad Saw, ini butuh biaya tidak sedikit, kami berupaya dan pada akhirnya dalam keputusan musyawarah (Sabtu, 24 Rabiul Awwal 1440 / 1 Desember 2018) NU Darungan akan mengadakan tour wisata religi wali limo plus gus dur dengan biaya Rp. 150.000/orang, mohon yang mau berpartisipasi hubungi pengurus NU terdekat, atau koordinator ziaroh H. Nasrullah (Durinan) dan Ust Masyhuri / P. Imam (Karangjati). Sampaikan juga kepada keluarga, tetangga dan teman bagi yang akan berpartisipasi kegiatan NU ini.” Harap ketua NU yang juga A’wan Majelis Wakil Cabang NU Tanggul ini.

Tambahan informasi ziaroh sebagai berikut: 1) biaya dapat dicicil mulai sekarang sampai H-7 pemberangkatan. 2) peserta ziarah diutamakan warga Darungan, kecuali kuota kurang dapat nambah warga diluar desa Darungan. 3) pengurus NU Darungan berkewajiban berpartisipasi dan mengajak anggota lain minimal 5 orang. Sementara pengurus Ranting NU Darungan berjumlah 37 orang dengan anak ranting 18 masjid.

Acara ini dihadiri oleh KUA, Ta’mir Masjid dan musholla, Wakil Ketua MWC NU Tanggul, kecamatan Tanggul, POLSEK Tanggul (Babinkantibmas desa Darungan), BPD, RT/RW setempat, perangkat desa Darungan serta jajaran pengurus Ranting NU Darungan dengan jumlah 85 jamaah.