TUJUAN NU

BERLAKUNYA AJARAN ISLAM YANG MENGANUT FAHAM AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH UNTUK TERWUJUDNYA TATANAN MASYARAKAT YANG BERKEADILAN DEMI KEMASLAHATAN, KESEJAHTERAAN UMAT DAN DEMI TERCIPTANYA RAHMAT BAGI SEMESTA (PASAL 8 ANGGARAN DASAR NU)

PIMPINAN NU DARUNGAN MASA KHIDMAT 2023-2028

RAIS SYURIYAH: Ust. ABD. ROZAQ (PAKEMAN) dan KETUA TANFIDZIYAH: Ust. ABU HASAN TOYIB (LORKALI)

Minggu, 14 Juli 2019

NU BERUPAYA DETEKSI DINI ALIRAN DI MASYARAKAT

Dok: jamaah rutinan berpose usai acara
NUDARUNGAN. Dalam rangka memperat ukuwah islamiyah, NU Darungan Silaturrahmi Ta’mir Masjid, Musholla, dan Nahdliyyin yang dilaksanakan pada hari Ahad Kliwon, 11 Dzulqo'dah 1440 H (14/07/2019), bertempat di Masjid Baiturrohim PTPN XII Zeelandia Bagian Petung Tulis dusun Gondang Desa Darungan Kec. Tanggul Kab. Jember Prov. Jawa Timur.

Kegiatan rutin setiap satu bulan sekali ini masih terus dilestarikan oleh NU, acara yang di isi dengan pembacaan istighotsah, Surat Yasin, tahlil, dan Sholawat Nabi dengan nomor surat undangan: 086/PR/Tanf/L-32.12/VI/2019, tertanggal 26 Syawwal 1440 H / 1 Juli 2019 M dihadiri berbagai kalangan, diantaranya Ta’mir Masjid, musholla, ISNU, BPD, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan warga desa Darungan.

Dalam sambutannya, Ust. Abu Hasan Toyyib (ABT), Ketua NU Darungan, menyampaikan bahwa, “Alhamdulillah, kami (pengurus NU) sangat bersyukur, karena masih banyak yang hadir diacara ini, tak lupa organisasi sayap NU yang baru terbentuk yaitu ISNU (Ikatan Sarjana NU), kami mengharap ada masukan, laporan anak ranting NU tentang kondisi aliran-aliran yang ajarannya tidak sesuai dengan apa yang kita pelajari dari pesantren, langkah awal, (anak ranting/pengurus ta’mir) menyelidiki bersama masyarakat setempat, jika tidak menemui penyelesaian, mari kita bahas ditingkat pengurus ranting, kita bersama PEMDES (Pemerintah Desa) akan berkoordinasi supaya dapat diselesaikan secara bijaksana.” Ujar Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Besuk, Kejayan, Pasuruan ini.

Secara terpisah, Ust. Abu Hasan Toyyib menyampaikan bahwa “NU telah menyatakan sikapnya dalam PILKADES (desa Darungan), yaitu netral (sesuai SK Nomor : 057/PR/A.II/L-32.23.003/IX/2018, tertanggal 1 Muharram 1440 H / 11 September 2018 M. Red).” Ujar Asatid Madrasah Diniyah pada Pondok Pesantren Al-Majidi, Desa Selodakon ini.